Cara Tetap Fit saat Puasa

cara tetap fit saat puasa

Miranto.id - Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim yang ada di dunia ini. Puasa diyakini membawa manfaat baik bagi tubuh manusia dan juga bagi emosinal pada manusia.

Namun, saat kita puasa kita sering kali merasa cepat sekali lelah. Tenang saja, hal itu wajar karena kita tidak makan apapun selama belasan jam. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips tentang Cara Tetap Fit saat Puasa.

1. Perhatikan konsumsi air
Idealnya satu orang dewasa mengonsmsi air sebanyak kurang lebih dua liter perhari. Sama halnya saat puasa. Kita juga dianjurkan minum air putih sebanyak tubuh kita perlukan. Untuk pembagiannya tergantung pada Anda karena kondisi badan orang beda-beda.

Perlu kita ingat, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Jadi, jangan sampai kita kekurangan cairan pada tubuh karena mempunyai dampak yang tidak bagus bagi tubuh. Selain itu, untuk mempercepat recovery badan ada baik menambahkan minuman dengan elektrolit pada sahur dan berbuka untuk memercepat pengisian cairan tubuh.

2. Perhatikan makanan saat sahur
Saat kita sahur, ada baiknya kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat (untuk yang lebih bagus mengandung karbohidrat kompleks), proten dan serat. Hindari juga makanan yang terlalu banyak menggunakan minyak dan makanan yang asin. Hal ini ditujukan agar cadangan tenaga kita bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah haus.

Dengan makan sahur dengan mekanan yang berkabohidrat kompleks akan membuat kita bisa kenyang lebih lama. Karena, karbohidrat kompleks dicerna lebih lama dibandingkan karbohidrat biasa. Untuk protein, akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama juga. Sedangkan serat, akan menjaga pencernaan kita agar tetap lancar.

3. Beri vitamin tambahan
Cara Tetap Fit saat Puasa selanjutnya adalah vitamin. Ada baiknya kita mengonsumsi vitamin tambahan. Khususnya vitamin C agar kekebalan tubuh kita tetap terjaga. Selain itu, vitamin C juga akan menjaga agar tidak timbul bibir pecah-pecah dan mulut kering selama puasa.

Cukup konsumsi vitamin dua hari sekali (untuk takaran vitamin C 500 mg) atau jika memungkinkan juga, konsumsi vitamin C sehari sekali sebelum kita istirahat atau tidur bray. Jika tidak ingin mengonsumsi dengan obat, bisa mengonsumsi langsung melalui buah-buahan.
------
Last... Itulah Cara Tetap Fit saat Puasa. Sangat mudah bukan ? Hanya dengan memerhatikan tiga hal saja puasa kita akan tetap lancar karena tubuh kita selalu fit. Sekian artikel kali ini, semoga berguna dan bermanfaat - Miranto.id - Cara Tetap Fit saat Puasa -


Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment